Skip to main content
INFOKERJA.co.id

follow us


Tips Yang Sangat Mengesankan Saat Wawancara Kerja

Wawancara Kerja / InterviewMelamar kerja di suatu perusahaan dibutuhkan lebih dari sekedar surat lamaran yang baik, Anda perlu melakukan sesuatu yang mengesankan juga ketika dipangggil untuk wawancara kerja.

Kebanyakan perusahaan mencari kandidat karyawan yang menawarkan satu set unik keterampilan dan minat yang melampaui apa yang diperlukan untuk memenuhi target yang mereka inginkan.

Hal ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi jika Anda menggunakan tiga tips ini, bukan tidak mungkin Anda bisa mengesankan saat wawancara kerja, seperti dilansir laman ATD berikut ini:

Tips Yang Sangat Mengesankan Saat Wawancara Kerja


1. Apa yang membedakan Anda?
Pertanyaan paling penting bagi setiap pencari kerja yang sering ditanyakan adalah "Apa yang membedakan Anda dengan yang lain?". 
Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran atau menghadiri wawancara kerja, tanyakan pada diri sendiri tentang sifat-sifat, keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang membuat Anda berbeda dan punya kelebihan dari kandidat lainnya, terutama mengenai persyaratan untuk pekerjaan yang diminta. 
Jawaban klise seperti, "Saya ingin pekerjaan ini dan menggunakan keterampilan saya untuk membuat perusahaan tumbuh menjadi lebih baik " atau "Saya seorang yang semangat dan pekerja keras," lebih baik tidak digunakan. 
Sebaliknya, jawablah dengan respons yang bersifat pribadi, inovatif, dan menarik, biasanya pengusaha mencari pekerja yang bisa menghemat pengeluaran perusahaaan.
Buat mereka terkesan, seperti mengatakan bahwa Anda memahami bisnis dan situasi perusahaan yang sedang terjadi saat ini, Anda merupakan orang yang dapat diandalkan dalam masalah penghematan perusahaan, buatlah mereka mulai merasa bahwa Anda sudah masuk 'dalam bisnis' di perusahaan dan paham tentang situasi mereka. 
Gunakan nilai dan misi perusahaan sebagai dasar dari apa yang ingin mereka capai, Kemudian, ketika mereka bertanya, beritahu bahwa Anda akan membantu mereka untuk mencapai sukses bersama-sama.

2. Targetkan Masalah Perusahaan
Untuk membuat kesan selanjutnya, Anda harus menunjukkan bahwa Anda mengenal mereka dan tantangan yang mereka hadapi. Kemudian, tawarkan ide Anda sebagai solusi. Demikian pula, pelamar yang efektif berusaha untuk memperbaiki masalah di sebuah perusahaan. 
Tunjukkan bagaimana Anda akan bekerja dalam memecahkan masalah yang ada. Apakah keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki akan membantu? Setiap pimpinan di perusahaan mencari seseorang yang bisa memecahkan masalah. Ini menunjukkan minat Anda dan pemahaman tentang perusahaan, serta kesiapan Anda untuk kesempatan bekerja.

3. Punya keterampilan unik
Keterampilan unik yang dimiliki semakin mempengaruhi kerja dari banyak calon pelamar. Kebanyakan orang mengabaikan atribut seperti kepercayaan diri, kecerdasan emosional, dan keterampilan seperti komunikasi, menulis bisnis, dan berbicara di depan umum. 
Begitu mereka telah memperoleh pekerjaan, maka keterampilan pun akan mempengaruhi kemampuan untuk bekerja dengan orang lain dan mempertahankan pekerjaan Anda. 
Pengembangan pribadi harus menjadi salah satu tujuan utama untuk mencapai tujuan kerja. keterampilan dan atribut menunjukkan bahwa Anda dapat bekerja dengan karyawan lain dan mitra bisnis untuk membawa bisnis yang lebih baik kepada perusahaan. Gunakan langkah yang tepat untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki pemikiran tentang ketajaman bisnis dan sifat kepemimpinan. 
Meskipun ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi calon karyawan di perusahaan, Anda dapat membangun dasar yang kuat dengan memastikan bahwa pemimpin perusahaan Anda mengenali apa yang membedakan Anda dari orang banyak.

Hal ini ditambah dengan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi calon yang berhasil akan membuat Anda siap untuk sukses dalam proses aplikasi pekerjaan berikutnya.​

Adsvertising By Google :

Artikel Serupa Lainnya :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar